interface di java

🙂 😀

Daftar Materi Java

sebelumnya telah dibahas abstract class / kelas abstrak yaitu kelas yang belum jelas (memiliki method yang belum bisa diimplementasikan). kali ini akan kita bahas interface, jika kita pelajari interface sebenarnya mirip dengan interface yaitu sama – sama memiliki method yang belum diimplementasikan. tapi ada perbedaannya :

  • kalau di abstract class untuk menurunkannya menggunakan keyword extends, kalau di interface kita gunakan keyword implements.
  • jika kelas hanya bisa meng-extends satu super class, sedangkan di kasus interface sebuah kelas dapat meng-implements banyak interface.
  • jika sebuah kelas meng-extends super class, maka subclass harus lah sesuai atau nyambung. misalnya kelas hewan diturunkan menjadi sapi atau kerbau. sapi adalah hewan dan kerbau adalah hewan. jika di kasus interface tidak harus seperti itu. misal kita punya interface dengan nama “Singable” yang memiliki method dengan nama bernyanyi. maka jika sebuah kelas meng-implemets interface “Singable” dia akan dapat bernyanyi. misalnya Sapi implements Singable maka sapi akan bisa bernyanyi begitu juga jika Manusia implements Singable maka Manusia akan bisa bernyanyi, padahal sapi dan manusia sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan sapi dan kerbau. mari kita nikmati contohnya. saya akan membuat sebuah interface di java menggunakan netbeans dengan cara:

dalam sebuah project buatlah kelas dengan menekan menu File -> new File – > java -> java interface.  lalu tekan next dan beri nama Singable. lalu tekan finish. lengkapi kodenya menjadi seperti ini

[sourcecode language=”java”]
public interface Singable {
public void bernyanyi();
}
[/sourcecode]

lalu kita buat kelas yang akan meng-implements interface Singable yaitu kelas Sapi dan Manusia, kita buat kelas Manusia dulu di netbeans

[sourcecode language=”java”]
public class Manusia implements Singable{

@Override
public void bernyanyi() {
System.out.println("lalala… akuuuu adalah giant…. lalalala….");
}

}
[/sourcecode]

lalu kita buat kelas Sapi

[sourcecode language=”java”]
public class Sapi implements Singable{

@Override
public void bernyanyi() {
System.out.println("moooooooooooooooooooo");
}

}
[/sourcecode]

dalam pembuatan kelas yang mengimplementasi interface, jika kelasnya adalah kelas kongkret(bukan abstract class) maka seluruh method yang ada di interface haruslah di override (di devinisikan ulang) dan diberi kode detail untuk implementasinya, karena pada interface methodnya belum mempunyai isi / implementasi.

jika interface di implementasi oleh abstract class maka tidak perlu mendefinisikan ulang semua method yang ada pada interface.

untuk menggunakannya maka bisa dengan membuat kelas Testnya yang memiliki method main silahkan buat kelas testnya dengan nama TestInterface yang kodenya

[sourcecode language=”java”]
public class TestInterface{

public static void main(String[] args){
Sapi objectSapi = new Sapi();
Manusia objectMan = new Manusia();
objectSapi.bernyanyi();
objectMan.bernyanyi();
}

}
[/sourcecode]

silahkan di RUN (Shift + F6).
yaa segitu dulu seputar interface, nanti kita bahas lagi di pertemuan selanjutnya 🙂 selamat berlatih, jika anda ingin melihat materi yang lain anda bisa lihat halaman daftar materi

Daftar Materi Java
6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *